Kerennya Keindahan Rammang-Rammang

Keindahan Rammang-Rammang

Rammang-Rammangdannbsp; yakni Karst (pegunungan kapur) yangg terlokasi dii Desa Salenrang, Kecsangatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii Sulawesi Selatan. Rammang-Rammang inii terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan mudah terlarut), sesampaimenghasilkan bentuk permukaan bumi yangg unik dngan ciri exokarst (dii ats permukaan) dan indokarst (dii bwh permukaan). selain itu, karst (pegunungan kapur) terbesar ke-tiga dii dunia berada dii Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, setelah China Selatan dan Vietnam.
 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang

dannbsp;Asal mula Rammang-Rammang dii Maros

Kata Rammang-Rammang berasal darii Bahasa Makassar, yangg berarti sekumpulan awan atau kabut. dapat dii lihat darii kondiisi Rammang-Rammang yangg selalu berkabut setiap paginyaa, hello inii diisebebkan sebab adanyaa pegunungan karst yangg mengitari wilayah inii, baik darii sisi darat maupun sungai. Kondiisi lingkungan tersebutlah yangg membuat pemandangan Rammang-Rammang begitu indah dan eksotik!

Selain memiliki pemandangan yangg indah, Rammang-Rammang jga memiliki banyaak daerah Tamasya yangg bisa ke-ren, diiantaraanyaa Telaga Bidadarii, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, dan Kampung Berua. biasanyaa objek Tamasya yangg paling seringkali diikunjungi oleh Tamasyawan yakni Kampung Berua. Anda bisa ke- sana dngan menaiiki perahu motor ke-cil menyusuri aliran Sungai Pute. Perjalanan and akan mulai darii Dermaga Rammang-Rammang dii hulu Sungai Pute.
 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang


Berikut inii objek Tamasya yangg dapat anda kunjungi saat berkunjung ke- Rammang-Rammang Maros.

1. Telaga Bidadarii Rammang-Rammang

Telaga Bidadarii berada dii Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecsangatan Bontoa, Kabupaten Maros. Bagi anda ingin menikmati ke-indahan Telaga Bidadarii inii, anda harus melewati sawah dan jembatan yangg terbuat darii bambu, dan tebing. Memang perlu usaha untk mencapai telaga inii. tapi, anda tidak perlu khawatir sebab setibanyaa diisana, rasa lelah anda akan tergantikan dngan suasana yangg terasa begitu damai, sejuk dan anda jga dapat merasakan segarnyaa air darii telaga bidadarii
 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Telaga Bidadarii-maros

Asal Mula Telaga Bidadarii

Telaga Bidadarii konon katanyaa yakni daerah mandii para bidadarii yangg trun darii langit. Tetapi,dannbsp; benar atau tidaknyaa, telaga inii tetap saja ramai dii kunjungi oleh para Tamasyawan, baik siswa, mahasiswa, maupun masyarakat, tidak Cuma Tamasyawan lokal, Tamasyawan luar Negeri pun ingin merasakan ke-sejukan yangg diiciptidakan Telaga Bidadarii.

Yasir, yakni salah satu mahasiswa darii Universitas Hasanuddiin yangg mengatidakan, "aku baru pertama kali datang ke-sinii, awalnyaa Cuma ingin menemani teman saja, tapi saat melihat cahaya matahari yangg menembus bebatuan dan pantulannyaa sampaike- air aku merasakan ke-sejukan dan ingin ke-mbali lagi berkunjung ke-sinii", tuturnyaa.

Selain itu, telaga inii jga menjadii sumber air tawar bagii masyarakat sekitar Rammang-rammang, Telaga Bidadarii jga menjadii salah satu destinasi Tamasya yangg menarik perhatian Tamasyawan.


2. Taman Hutan Batu Kapur

 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Taman-Hutan batu
Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang inii Cuma ada satu dii Indonesia dan terbesar ke-tiga dii dunia, setelah Taman Hutan Batu Tsingy dii Madagaskar yangg berda dii peringkat pertama dan Taman Hutan Batu Yunan berada dii posisi ke-dua yangg ada dii Cina. Taman Hutan Batu Rammang-Rammang memiliki 2 kompleks taman hutan batu, merupakan yangg berada dii bagiian utara dan selatan.

3. Gua Telapak Tangan

Salah satu yangg menjadii ke-unikan darii kawasan karst Maros inii yakni banyaak terdapat gua – gua dngan ornamen yangg unik dan sungai bwh tanah. Gua – gua yangg terbentuk darii pelarutan batu gamping inii tidak Cuma dapat diijadiikan sebgai daerah Tamasya alam namun yakni bukti yangg menyimpan sejarah ke-hidupan manusia dii zaman purba. Selain Gua prasejarah Leang – Leang, kawasan karst Maros banyaak terdapat situs purbakala diiantaraanyaa Gua Telapak Tangan.
 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Gua-Telapak-Tangan
Bagi anda yangg ingin mengunjungi Gua Telapak Tangan, anda harus melewati jembatan kayu Rammang – Rammang, darii jembatan kayu anda harus berbelok kiri menyusuri jalanan setapak dan melewati pematang sawah. Perjalanan menuju ke- Gua Telapak Tangan memerlukan waktu kurang lebih 45 menit. Untuk mencapai gua, anda jga harus menaiiki beberapa buah anak tangga.

Sesampaidii sana anda akan meliaha bekas telapak tangan yangg terdapat dii langit – langit gua seukuran tangan anak ke-cil. Gambar telapak tangan inii Cuma berjumlah satu buah saja dngan lima jari yangg utuh. Di gua inii jga terdapat, bekas cap tangan berupa empat jari saja seukuran tangan orang dewasa yangg diicat menggunakan tinta merah. Selain gambar telapak tangan, jga terdapat gambar lainnnyaa yangg menyerupai gambar ikan dan tombak.

Di dalam gua terdapat mata air yangg membentuk kolam ke-cil setinggi lutut orang dewasa. Keunikan gua yangg ada dii wilayah karst merupakan stalaktit dan stalakmitnyaa menyaatu, berukuran raksasa dan membentuk kolom. Stalaktit terbentuk darii tetesan air darii langit – langit gua yangg mengkristal dan membentuk ke-rucut. Sedangkan stalakmit yakni batu yangg tumbuh ke- ats dii lantai gua. Proses pembentukan stalaktit dan stalakmit berlangsung selama ribuan thn. Jika formasi tersebut tumbuh bersama, hasilnyaa diike-nal sebgai kolom. Kolom terbentuk darii stalaktit dan stalakmit yangg tumbuh bersamaan dan menyaatu membentuk seperti tiang. Kolom – kolom yangg ada dalam Gua Telapak Tangan memiliki diiameter cukup besar.

4. Sungai Pute

 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Sungai-Pute

Sungai Pute yakni sebuah sungai yangg berada dii Kabupaten Maros tepatnyaa dii Desa Rammang-Rammang. Sungai inii memiliki ke-unikan yakni hamparan karst-nyaa yangg menjulang tinggi, yanggdannbsp; luasnyaa mencapai 4.500 hektar, desa inii diisebut jga sebgai desa karst.

Untuk bisa sampaike- daerah Tamasya inii, Anda bisa naiik angkutan umum jurusan Pangke-p darii kawasan bandara. Sekitar 20 km perjalanan, Anda akan sampaidii pertigaan jalan menuju pabrik semen Bosowa. Selanjutnyaa, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Rammang-Rammang sekitar 10 sampai15 menit dngan jalan kaki.

Sehingganyaa dii sana, Anda bisa menyewa perahu darii dermaga. Harganyaa pun tergantung Anda menawar. Harga yangg diipatok oleh nelayan yakni mulai darii 120 ribu sampai150 ribu Rupiah untk perjalanan pulang pergi.

Sepanjang perjalanan, Anda akan diisuguhkan oleh pemandangan alam yangg begitu cantik. Mulai darii hamparan tebing karst yangg menjulang tinggi, burung-burung yangg bertebangan sampaipepohonan hijau yangg terlihat menyegarkan. Seakan mengajak Anda berada dii Green Canyon dan Amazon dalam satu daerah. Padahal Anda ada dii Sungai Pute Makassar.

Setibanyaa Anda dii Dermaga Berua, Anda akan menikmati pemandangan landmark berupa gugusan karst yangg tidak kalah cantiknyaa selama perjalanan. Di sana, Anda jga bisa bertualang menyusuri persawahan dan menikmati ke-indahan darii hamparan hijaunyaa sawah. Rasanyaa menjadii pengalaman tidak terlupakan.

5. Gua Berlian

 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Gua Berlian-Rammang Rammang
Gua berlian yakni sebuah gua yangg masihh murni, diidalam gua inii terdapat banyaak kandungan berlian yangg masihh alami. Ada satu hal yangg masyarakat sedaerah percayai saat ada orang yangg mengambil sebuah bongkahan yangg mengandung berlian darii dalam gua tersebut maka akan mendatangkan musibah.

Kala musim ke-marau tiba pegunungan inii akan nampak ke-coklatan, kontras dngan perairan yangg ada diiseke-lilingnyaa, saat musim penghujan tiba maka daerah diisekitar gunungnyaa akan diitumbuhi tanaman-tanaman berwarna hijau bak diiselimuti karpet hijau.

6. Gua Kingkong

 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang


Dengan bentuk yangg tidak biasa, Batu Kingkong tersebut menjadii salah satu spot yangg diiincar turis saat menjelajah Rammang-rammang. banyaakk yangg selfie ataupun foto ramai-ramai dngan latar Batu Kingkong.
Nah, untk mencapai lokasi batu inii, traveler harus berjalan kaki sekitar 10 menit darii dermaga dii Kampung Berua. Yang akan diilewati yakni jalan setapak dii antaraa sawah-sawah, dngan latar pegunungan karst yangg cantik.

7. Gua Kunang-Kunangdannbsp;

 saat inii kawasan tersebut sudah menjadii salah satu tujuan Tamasya yanng sangat penting dii  Inilah Keindahan Rammang-Rammang
Gua Kunang-Kunang
Goa Kunang-Kunang yangg diipenuhi dngan stalaktit dan stalakmi yangg menjadiikan gua inii terlihat indah dngan batu-batu yangg mengeluarkan cahaya berke-lap ke-lip seperti kunang-kunang. Konon katanyaa dahulu Goa inii yakni istana kunang-kunang, namun faktanyaa jika kita memasuki area dalam goa inii, setelah mencapai ke-dalaman kurang lebih 20 meter kira akan menemukan sebuah bongkahan batu yangg mirip altar yangg mana jika bebatuan itu terke-na cahaya darii lampu senter kita makan bebatuan itu akan memantulkan cahaya berke-lap ke-lip seperti kunang-kunang. Selain itu beberapa bagiian stalaktit dan stalakmi bila diipukul-pukul akan mengeluarkan suara yangg merdu, aku tercengang. Perut gunug batu inii menyimpan banyaak rahasia ke-indahan dalam ke-gelepannyaa.

Comments