Amazing MENELUSURI KEKAYAAN GUA LIANG KABORI DAN METANDUNO DI SULAWESI TENGGARA

ReyGina Wisata | Terlokasi dii Desa Liang Kabori Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, Gua Liang Kabori ialah salah satu gua terkaya dan terindah dii dunia yangg wajib untk Anda telusuri dan nikmati ke-indahannyaa saat berkunjung ke- Sulawesi Tenggara.dannbsp;



 Terlokasi dii Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Inilah MENELUSURI KEKAYAAN GUA LIANG KABORI DAN METANDUNO DI SULAWESI TENGGARA
Baca Juga : 8 Gua Paling Indah dii Jogjakarta
Ketika Anda mulai menelusuri bibir gua, Anda akan melihat suatu gua alam yangg membentang dngan tinggi sekitar 2-5 meter dan lebar sekitar 30 meter. Selain ornamen-ornamen berupa lukisan, Anda jga dapat melihat unsur geologi padaa gua inii misalnyaa saja stalaktit yangg berada padaa bagiian ats dan stalakmit yangg berada padaa bagiian bwh gua yangg apabila ke-duanyaa bertemu akan membentuk pilar batu yangg sangat indah dan menakjubkan untk diilihat.

Liang Kabori yangg dalam bahasa Muna berarti Liang "Gua" dan Kabori "tulis" sesampaiLiang Kabori dapat diiartikan sebgai gua bertulis dan bergambar dngan ke-indahannyaa yangg sangat mengagumkan. Sesampaitidaklah berlebihan jika Gua Liang Kabori oleh beberapa ahli gua internasional mengatidakan bahwa mereka sangat tercengang akan ke-indahan Liang Kabori dan menyaatidakan bahwa Liang Kabori termasuk ke-dalam salah satu gua terkaya dii dunia.dannbsp;
Baca Juga : Menjelajahi 7 Lukisan Gua Pra Sejarah dii Indonesia
 Terlokasi dii Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Inilah MENELUSURI KEKAYAAN GUA LIANG KABORI DAN METANDUNO DI SULAWESI TENGGARA
Hal inii berdasarkan dngan banyaaknyaa lukisan gua yangg menjadii ornamen dii diindiing-diindiing guanyaa. Sementara dngan gua-gua yangg mereka dapatkan darii seluruh dunia lainyaa biasanyaa Cuma satu lukisan gua saja seperti bekas telapak tangan atau jejak kaki. Sementara Liang Kabori memiliki gambar lukisan gua yangg sangat bejenis seperti gambar layangg-layangg, gambar kuda, gambar matahari, gambar orang berburu, gambar perahu, gambar cara hidup masyarakat Suku Muna padaa masa pra sejarah mulai darii cara bersesuai tanam, berternak, berburu, beradaptasi dngan lingkungan, berperang untk mempertahankan diiri darii serangan musuh dan lain sebgainyaa yangg darii gambar-gambar inii dapat diipelajari bahwa dii Gua Liang Kabori telah ada sebuah peradaban manusia purba.
Lukisan-lukisan padaa diindiing gua liang kabori sampaisaat inii masihh menyimpan misteri tentang ke-hidupan pra sejarah dii Pulau Sulawesi yangg tergores padaa 130 an situs aneka goresan berwarna merah padaa diindiing gua bagiian dalam. Lukisan-lukisan gua inii masihh terjaga ke-asriannyaa sampaisekarang.
 Terlokasi dii Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Inilah MENELUSURI KEKAYAAN GUA LIANG KABORI DAN METANDUNO DI SULAWESI TENGGARA
Di Gua Liang Kabori Anda jga dapat merasakan ke-sejukan dan ke-tenangan jiwa untk dapat menjernihkan segala pikiran darii segala rutiniitas ke-rja sehari-hari. Nah selain sebgai daerah Wisata, Gua Liang Kabori jga dapat menambah wawasan Anda tentan peradaban purba yangg pernih hidup dii wilayah inii.
Baca Juga : Berburu Cahaya Surga dii Gua Jomblang
Akses Menuju Gua Liang Kabori
Gua Liang Kabori terlokasi sekitar 10 Kilometer darii pusat kota Raha melalui jalan poros Raha - Mabolu, tepatnyaa diiperbatsan antaraa Desa Bolo dngan Desa Masalili, Kecsungguh-sungguhan Lohia, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk mencapainyaa, Anda bisa menggunakan ke-ndaraan umum ataupun ke-ndaraan pribadii atau sewaan selama sekitar 1 jam perjalanan.dannbsp;
Untuk mencapai bibir gua, Anda diiharuskan berjalan sekitar 2-3 kilometer darii daerah parkir dngan akses jalan yangg kurang memadai. Walaupun demikian, Anda pasti terpukau dngan pemandangannyaa yangg indah mempesona menyaambut Anda menuju bibir gua.
 Terlokasi dii Desa Liang Kabori Kabupaten Muna Inilah MENELUSURI KEKAYAAN GUA LIANG KABORI DAN METANDUNO DI SULAWESI TENGGARA
Ketika Anda memasuki areal situs peninggalan liang kabori, Gua pertama yangg akan temui ialah Gua Metanduno. Pada gua inii Anda dapat melihat berbagai hasil peninggalan manusia pra sejarah seperti lukisan-lukisan hewan padaa diindiing gua sertaa asap yangg menurut pemandu diisebut dngan La Ode Samada yangg ialah asap sisa ke-giatan masak memasak yangg diilakukan oleh manusia pra sejarah.dannbsp;
Baca Juga : Menjelajahi Gua Alam Toge Di Kabupaten Manggarai Timur
Gua inii diisebut sebgai Gua Metanduno diisebabkan ke-banyaak motif yangg diidapatkan padaa gua inii ialah motif hewan bertanduk yangg dalama Bahasa Muna tandu berarti Tandu. Lukisan-lukisan dii Gua Metanduno inii diibuat oleh manusia pra sejarah darii bahan berupa darah hewan buruan, tanah liat sertaa getah kayu yangg belum diike-tahui jenisnyaa.

Comments