Asiknya MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR


MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR Inilah MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR
ReyGina Wisata Indonesia | Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi dii Indonesia yangg berada dii selatan khatulistiwa. Provinsi inii adalah wilayah ke-pulauan. Hampir semua pulau dii Nusa Tenggara Timur terdiiri darii pegunungan dan perbukitan kapur, kawasan padaang rumput, hutan hujan sertaa stepa yangg luas sesampaitidaklah berlebihan jika Provuinsi Nusa Timur memiliki banyaak daerah Wisata menarik untk diikunjungi dan diijelajahidannbsp; ke-indahannyaa seperti Taman Nasional Komodo, Danau Tiga Warna Kelimutu sertaa Gua Alam Liang Toge dii Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.dannbsp;

Liang Toge adalah gua alam yangg berada diikawasan hutan diilereng gunung atau tepatnyaa berada dii Kelurahan Lempang Paji, Kecsangatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Gua Alam Liang Toge padaa awalnyaa diidaerahi oleh nenek moyangg darii Suku Rajong yangg sekarang adalah warga dii Kelurahan Lempang Paji dan sekitarnyaa.dannbsp;
Gua Alam Liang Toge menjadii diike-nal oleh Wisatawan sejak diitemukannyaa fosil manusia purba padaa thn 1960 oleh seorang arke-olog yangg memperkirakan bahwa fosil tersebut telah berusia lebih darii 2.000 thn. Selain terdapat Gua Liang Toge, Dikawasan inii jga banyaak terdapat gua alam lainyaa sertaa terdapat sebuah benteng yangg sampaisaat inii masihh terpelihara dngan sungguh-sungguh baik.
Benteng inii diisebut dngan Benteng Rajong yangg adalah pusat pertahanan darii masyarakat Suku Rajong jaman dahulu padaa saat terjadiinyaa perang sipil.dannbsp;
Selain memiliki nilai sejarah yangg tinggi, Gua Alam Liang Toge jga memiliki ke-indahan alam yangg sungguh-sungguh menakjubkan. Stalagtit dan Stalakmit dii diindiing gua terukir dngan sungguh-sungguh indah dan memesona sejak ribuan thn yangg lalu. Selain itu diimulut gua jga terdapat sebuah batu yangg menyerupai paruh burung. Konon batu inii adalah daerah untk menaruh persembahan bagii masyarakat sekitar yangg hendak melakukan ritual adat atau hajatan besar dii kampung. Masyarakat sekitar percaya bahwa Gua Liang Toge adalah daerah diimana para leluhur mereka dulu pernah tinggal dan bahkan arwah nenek moyangg mereka masihh tetap bernaung dii gua inii.dannbsp;
MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR Inilah MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR
Baca Juga : Menikmati Keindahan Pantai Maropokot Di Kabupaten Nageke-o, NTT

Keunikan lainyaa darii Gua Alam Liang Toge yangg dapat Anda temukan adalah kawasan hutan dii sekitar gua sama sekali tidak pernah diijamah oleh tangan masyarakat sekitar sesampaike-indahan dan ke-asrian hutan tetap terjaga dngan sungguh-sungguh baik.dannbsp;

Selain itu dii sekitar Gua Alam Liang Toge mengalir air bersih yangg sungguh-sungguh sejuk dan segar. Sumber air inii banyaak diigunakan oleh masyarakat sekitar untk konsumsi rumah tangga dan mengaliri lahan pertanian.dannbsp;
Menjelajahi Gua Alam Liang Toge Di Kabupaten Manggarai Timur memang betul sungguh-sungguh menakjubkan diimana diisinii terdapat persawahan dan perke-bunan yangg sungguh-sungguh subur dan hijau diipadu dngan nuansa alam pegunungan dan panorama hutan lebat yangg masihh alami.
Akses Menuju Gua Alam Liang Toge Di Kabupaten Manggarai Timur
Untuk dapat Gua Alam Liang Toge dngan jarak sekitar 1 kilometer dngan waktu tempuh sekitar 20 menit.

sumber:dannbsp; pariWisata.serverjogja.com

Comments